sql

Belajar SQL Basic di MS Access 2007

(Bagian 1)

Bahasa database adalah bahasa khusus yang ditetapkan pembuat DMBS (database management system), tentang cara berinteraksi/berkomunikasi antara pemakai dengan database. Bahasa ini terdiri atas sejumlah perintah yang diformulasikan untuk dapat diberikan oleh pengguna dan dikenali oleh DBMS. Salah satu bahasa database yang populer adalah SQL.
SQL (dibaca "ess-que-el") singkatan dari Structured Query Language. SQL digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), SQL merupakan bahasa standar untuk sistem manajemen database relasional. Perintah SQL digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti update data, atau mengambil data dari database.
Perintah-perintah SQL standar seperti "Select", "Insert", "Update", "Delete", "Create", dan "Drop" dapat digunakan pada seluruh DBMS tersebut. Secara umum, terdapat 2 jenis bahasa database, yaitu: DDL (data definition language) dan DML (data manipulation language). DDL merupakan perintah-perintah yang biasa digunakan administrator database untuk mendefinisikan skema dan subskema database (Contoh: CREATE, ALTER, MODIFY). Sedangkan, DML merupakan merupakan perintah-perintah yang memungkinkan pengguna melakukan akses dan manipulasi data sebagaimana yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat (Contoh: INSERT, UPDATE, DELETE).
A. Data Defenition Language ( DDL ) / Pembentukan database
Membuat tabel (Creating tables)
Syntax
CREATE TABLE (
UNIQUE] [NOT NUL] [PRIMARY KEY] [DEFAULT

referential_constraint_defenition>] [CHECK
,
UNIQUE] [NOT NULL] [PRIMARY KEY] [DEFAULT

referential_constraint_defenition> CHECK
);

Keterangan
Unique; Pada kolom tersebut tidak boleh ada data yang sama.
Not Null; tidak boleh data pada kolom tersebut bernilai null
Unique dan Not Null; kolom tersebut dapat dijadikan primary key.
Default; nilai default yang secara otomatis akan mengisi kolom dengan data default tersebut setiap operasi insert dilakukan.
Referential_Constraint_Definition; Bila kolom tersebut merupakan foreign key terhadap tabel lain.
Dengan syntax
FOREIGN KEY
REFERENCES

Contoh 1:
CREATE TABLE siswa (
NIS CHAR(10) Primary key,
Nama CHAR(20),
Tgl_Lahir DATE,
Kelas CHAR(3),
Alamat char(30)
);

Latihan 1:
1.Jalankan SQL melalui MS Access 2007 dengan cara: Start --All Program -- Microsoft Office -- Microsoft Office Access 2007, seperti gambar:

Gambar 1. Tampilan awal MS Access 2007
2.klik “Blank Database” untuk membuat database baru, selanjutnya buat nama file dan folder untuk menyimpan database yang telah dibuat, lalu klik “Create”.  Seperti tampilan gambar di bawah ini:
Gambar 2. Tampilan MS Access siap digunakan
3.selanjutnya buka SQL dengan cara: klik menu “Create” -- Query Design-- Close pada jendela dialog “Show Table” -- klik kanan pada area kosong lalu pilih SQL View.  Seperti pada gambar dibawah ini:
 Gambar 3. Area Penulisan kode SQL
4.Tulislah kode cara membuat tabel dengan nama tabel siswa seperti pada Contoh 1. lalu jalankan perintah SQL dengan cara meng-klik ikon tanda seru (!) pada menubar dan perhatikan perubahan yang terjadi.! Untuk melihat hasil pembuatan tabel klik “siswa.table”, Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
 Gambar 4. Hasil pembuatan tabel dengan perintah SQL
5.Simpanlah hasil pembuatan tabel tersebut dengan nama “buat_tabel_siswa”
Pengisian field dalam tabel dapat anda lihat pada tulisan berikutnya => Belajar SQL Basic di MS Access 2007  (Bagian 2)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar