_melakukan simulasi switch dan hub_

  1. Simulasi switch
    Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.
    Pada simulasi ini menggunakan topologi star dan menggunakan media switch.

    Komponen komponen yang digunakan yaitu:
    1. klik icon lalu klik pada tempat yang diinginkan

    2. klik icon lalu klik pada tempat yang diinginkan buatlah 3 icon PC di sekeliling switch. Lalu beri nama IP addrees masing masing pc :

  • PC 0 diberi ip addrees = 192.168.1.1
  • PC 1 diberi ip addrees =192.168.1.2
  • PC 2 diberi ip addrees = 192.168.1.3
  • Printer diberi ip addrees = 192.168.1.7
3. untuk menghubungkan antara PC ,printer dan Switch

4. klik icon lalu klik pada tempat yang diinginkan


  1. Lakukan simulasi klik siimulasi lalu klik tanda (create a new packet) contoh klik pada PC1 lalu klik pada PC2 kemudian jalankan dengan tanda play maka hasilnya

Dengan switch pengiriman data dari PC 1 menuju switch lalu langsung ke PC2 . apabila terjadi pengiriman bersama maka akan diproses secara bergantian tanpa adanya benturan data.


Begitu pula pada pengiriman data PC1 ke printer sekaligus pengiriman data dari PC0 ke PC2 maka data akan langsung ke printer yang melewati media switch terlebih dahulu dan bergantian pengiriman PC0 ke PC2 tanpa ada benturan data.

  1. Simulasi pada hub
    Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.
    Pada simulasi ini menggunakan topologi star dan menggunakan media hub.


Komponen komponen yang digunakan yaitu:
  1. klik icon disamping lalu klik pada tempat yang diinginkan

  2. klik icon disamping lalu klik pada tempat yang diinginkan buatlah 3 icon PC di sekeliling switch. Lalu beri nama IP addrees masing masing pc :

  • PC 3 diberi ip addrees = 192.168.1.4
  • PC 4 diberi ip addrees =192.168.1.5
  • PC5 diberi ip addrees = 192.168.1.6
  • PC6 diberi ip addrees = 192.168.1.11
  • PC7 diberi ip addrees = 192.168.1.12
  • PC8 diberi ip addrees = 192.168.1.13
  • Printer diberi ip addrees = 192.168.1.8

  1. untuk menghubungkan antara PC ,printer dan Switch
  2. klik icon disamping lalu klik pada tempat yang diinginkan


    Lakukan simulasi klik siimulasi lalu klik tanda (create a new packet) contoh klik pada PC1 lalu klik pada PC2 kemudian jalankan dengan tanda play maka hasilnya

    Dengan hub pengiriman data dari PC 4 menuju PC7 maka data tidak langsung masuk k PC7
tapi dari PC4 data akan melalui "hub0"
lalu data menuju ke printer,PC3, dan PC5 walaupun ketiga PC bukan tujuan utama pengiriman data tapi ketiga PC ini menerima data dari PC 4 dengan tanda silang berwarna merah.


lalu menuju ke "hub1" kemudian ke PC6 dan PC7, pada PC6 bertanda silang merah ini menunjukan bahwa PC ini bukan tujuan dari pengiriman data tapi menerima data, sedangkan pada PC7 bertanda centang hijau ini menunjukan PC7 ini meruoakan tujuan utama pengiriman data dari PC4.



Data menuju ke "hub2" lalu menuju ke hub PC8 ini juga bertanda silang merah menunjukan bukan tujuan dari pengiriman data . apabila terjadi pengiriman bersama maka akan diproses secara bergantian tanpa adanya benturan data.


Pada pengiriman data PC6 ke printer sekaligus pengiriman data dari PC5 ke PC4 maka data akan terjadi benturan data yang akan menyebabkan kerusakan data.

Kesimpulan Perbedaan Hub dan Switch

disimpulkan bahwa switch lebih baik daripada hub baik secara perbandingan konseptual maupun secara prinsip kerjanya. Perbedaan cara kerja ini menjadi perbedaan mendasar antara hub dengan switch.

Perbedaan ini pula mengakibatkan transfer data switch lebih cepat daripada hub karena switch langsung mengirim paket data ke komputer tujuan, tidak mengirim ke seluruh port yang ada (broadcast) sehingga bandwidth yang ada pada switch dapat digunakan secara penuh.

eRiCkaa........

%_^........mcacihh........ %_^




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar